Selasa, 30 Juli 2013

KEKERASAN DAN KEKERASAN

Jika Mahatma Gandhi berkata "The Roots of Violence: Wealth without work, Pleasure without conscience, Knowledge without character, Commerce without morality, Science without humanity, Worship without sacrifice, Politics without principles." 

"Akar Kekerasan: Kekayaan tanpa bekerja, Kesenangan tanpa hati nurani, Pengetahuan tanpa karakter, Perdagangan tanpa moralitas, Ilmu tanpa kemanusiaan, Ibadah tanpa pengorbanan, Politik tanpa prinsip."

Jadi bagaimana pendapat pembaca dengan kalimat dari Mahatma Gandhi. Apakah orang yang melakukan KEKERASAN disebut juga orang yang memiliki pengetahuan tapi tidak memiliki karakter, tidak memiliki kemanusiaan, tanpa moralitas hingga tanpa prinsip, mungkin perlu saya tambahi tanpa Tuhan.

Dari barat sampai ketimur, manusia senang dengan kekerasan. Mereka melakukan kekerasan, menonton kekerasan, membiarkan kekerasan. dari Mesir hingga ke Brasil. dari Indonesia sampai ke duo Korea. Manusia senang dengan kekekerasan.

Revolusi yang belum selesai-selesai di Mesir yang terus memakan korban. Korea yang terus akan berlanjut suasana panas yang masih belum menunjukkan situasi damai. Dan Indonesia yang melalui laskar-laskar dan ormas-ormas (mungkin sama pengertian bagi rakyat kita) masih terus melakukan sweeping paksa, mengusir 'yang berbeda', mengusur yang maksiat, 'mempercudangi' aparat penegak hukum, 'memperkosa' undang-undang dan hukum, hingga menghina presiden. Negara seakan-akan dipermainkan dengan kekerasan.

Tapi aku masih binggung dengan negeri ini,
Negeri yang terus memelihara kekerasan yang tiada berujung,
Kekerasan menjadi anjing penggigit ketika tuannya tak bisa menjaga mengendalikan rumah,
Tuannya juga diam,

Di jaman modern ini, 
Kekerasan terus berbenah,
Jika dulu kekerasan atas nama kemerdekaan dan revolusi melawan penjajah,
Sekarang kekerasan atas nama agama,
Musuh mereka juga agama,
Musuh mereka adalah orang-orang yang menolak masuk rumah mereka,
Musuh mereka adalah 'yang berbeda' dari mereka, 
Mereka adalah potret suram jaman modern,
Ketika HAM mereka telanjangi di jalanan.
Mereka para perusak negeri yang melakukan kekerasan.

Mereka adalah pengkhianat.

Tidak ada komentar:

Ketika Minum Kopi Pagi Hari

Akhirnya kamu meminum kopi terakhir di hari itu Kopi hitam tanpa gula dengan pisang goreng yang manis Duduk sendiri disudut kedai itu mengha...