Senin, 14 Oktober 2013

MENULIS

Beberapa bulan ini tanpa sadar aktivitas membuat saya harus menunda penulisan untuk blog saya sendiri. saya sangat senang menulis beberapa hal yang menurut saya penting untuk saya bahas (walaupun terasa tak penting bagi pembaca).

Ada beberapa topik yang ingin saya bahas, tapi terasa berat sekali bahannya. Saya merasa hidup dalam menulis, sebab mungkin ini adalah cara terbaik bagi saya untuk meluapkan apa yang ada dipikiran saya dan uneg-uneg yang tak penting lainnya. saya juga tak berharap tulisan saya akan dibaca oleh khalayak umum. Menulis ini tak lebih dari sebuah latihan bagi saya untuk kedepannya.

Saya tak punya waktu untuk menulis, jujur saja. Ada beberapa tulisan yang belum saya selesaikan dilaptop. RUMET dalam mencari bahannya untuk ditulis. Mungkin kekurangan ide, lewat internet terus terang bahannya terasa dangkal dan cukup tahu saja tanggal dan waktu peristiwa. Selebihnya, saya kurang mempercayai bobot penulisan di internet.

Buku, saya membutuhkan buku untuk menjadi bahan referensi saya dalam menulis. Saya bukan Tan Malaka yang mempunyai otak seperti perpustakaan berjalan dalam kepalanya. Yang menulis walau tanpa bahan referensi atau buku ditangan.

Tulisan saya diterbitkan di dua majalah, walaupun masih dalam lingkup kecil peredarannya, saya berharap ini akan jadi batu loncatan kedepannya.

Dalam tata bahasa saya masih berantakan. masih banyak yang harus saya perbaiki dalam tata bahasa yang baik dan benar. Perlu koreksi lagi.

Tentang Kambing Hitam tulisan saya. Itu hanya tulisan ringan yang ditulis dalam tempo tak kurang dari 30 menit. Saya ingin menulis kategori berat tentang ekonomi, sosial, filsafat dan sastra. walau masih dangkal dalam pemahaman, tapi setidaknya saya cukup tahu.

Menulis itu membutuhkan kekuatan dalam bahasa, seperti Goenawan Mohamad, saya sangat menyukai tulisannya. dan terkadang kagum dengan pengunaan tata bahsa yang indah dan memikat.

Menulis itu membutuhkan ide. Jika tak mempunyai ide, berhentilah dahulu menulis.

Tidak ada komentar:

Ketika Minum Kopi Pagi Hari

Akhirnya kamu meminum kopi terakhir di hari itu Kopi hitam tanpa gula dengan pisang goreng yang manis Duduk sendiri disudut kedai itu mengha...