Rabu, 24 Juni 2020

PUNAHNYA MANUSIA


Sebagai spesies yang paling unggul di planet ini, manusia  (begitu kita menyebut diri kita sendiri) sudah bertahan selama ratusan ribu tahun atau jutaan tahun di planet ini. Dimana kita spesies kita telah berada di puncak rantai makanan tertinggi diantara spesies lainnya. Apakah kita bisa punah?

Umur matahari sendiri sudah 4.6 miliar tahun, sementara bumi sendiri 4.5 miliar tahun. Sampai kapan spesies kita sanggup bertaha di dunia (Bumi) yang kecil ini?  Sains hanya memprediksi, meramal saja, tapi mereka yakin kalau spesies ini (manusia) semakin memperpendek umur dari Bumi.

Spesies dinosaurus sudah punah jutaan tahun lalu, mereka adalah spesies terkuat saat itu hancur oleh karena asteroid dan perubahan iklim, padahal sudah menguasai bumi selama ratusan tahun. Apakah manusia bisa bertahan selama miliaran tahun lagi?

Entahlah, kepala ku berisi banyak pertanyaan yang tidak mampu ku jawab sendiri.
Manusia saat ini menghadapi musuh baru bernama Virus. Kecil, tidak terlihat dengan mata telanjang, manusia menghadapi musuh lain selain manusia itu sendiri. Virus mungkin bagi manusia lainnya adalah hal sepele, tapi ia telah membunuh jutaan manusia (jika ditarik dari black death).

Kita manusia hanya bisa bertahan dalam dunia ini, mencoba memperbaiki bumi yang telah rusak oleh manusia sendiri. Spesies unggul dari spesies lainnya, puncak tertinggi rantai makanan. Tapi sampai kapan spesies ini sanggup bertahan?

Tidak ada komentar:

Ketika Minum Kopi Pagi Hari

Akhirnya kamu meminum kopi terakhir di hari itu Kopi hitam tanpa gula dengan pisang goreng yang manis Duduk sendiri disudut kedai itu mengha...